YURISTGAMEINIGAMEID101

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia (Lengkap)

   Prose pencernaan makanan sistem pencernaan pada manusia. Kita makan melalui mulut dan melibatkan organ pencernaan manusia lainnya setelah kita menelan makanan. Apakah kalian tahu organ-organ apa saja yang berperan dalam mencerna makanan di dalam tubuh? Dan bagaimana proses pencernaan berlangsung ? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Proses Pencernaan Makanan
    Proses pencernaan makanan pada sistem pencernaan manusia diawali oleh mulut. Disini dilakukan pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Makanan selanjutnya dibawa melewati kerongkongan kemudian ke lambung. Makanan bisa turun ke lambung karena adanya kontraksi otot-otot di kerongkongan (Gerak peristaltik).

   Di lambung, makanan akan melalui proses pencernaan kimiawi memanfaatkan enzim/zat berikut ini:
- Enzim HCl (asam klorida), berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Sebagai pembunuh kuman yang ada di makanan, serta merangsang pengeluaran hormon kolesistokinin dan sekretin pada usus halus.
- Renin, berfungsi mengendapkan protein pada susu (kasein).
- Enzim Pepsin, berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton.

   Setelah makanan diproses di lambung yang membutuhkan waktu antara 3-4 jam, makanan akan dibawa menuju usus dua belas jari. Pada usus dua belas jari ada enzim-enzim berikut yang berasal dari pankreas:
- Tripsin, yaitu enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino.
- Lipase. Yaitu enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak atau gliserol.
- Amilase. Yaitu enzim yang mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula lebih sederhana (maltosa).

   Selanjutnya, proses penyerapan (absorbsi) akan berlangsung di usus penyerapan. Protein diserap dalam bentuk asam amino, Lemak diserap dalam bentuk asam lemak dan gliserol, Karbohidrat diserap dalam bentuk glukosa. Vitamin dan mineral tidak mengalami pencernaan dan dapat langsung diserap oleh usus halus.

    Makanan yang tidak dicerna di usus halus, contohnya selulosa, bersama dengan lendir akan menuju ke usus besar menjadi feses. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli. Bakteri ini membantu dalam proses pembusukan sisa makanan menjadi feses. Karena tubuh memerlukan air, maka sebagian besar air diserap kembali ke usus besar. Penyerapan kembali air merupakan fungsi penting dari usus besar.

    Selanjutnya sisa-sisa makanan akan dibuang melalui anus berwujud feses. Proses ini disebut defekasi dan dilakukan dengan sadar.

   Nah itulah proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Adanya pengetahuan tentang cara bagaimana tubuh kita mencerna makanan dapat menjadikan diri kita untuk selalu berhati-hati. Artinya, bijak dalam memilih makanan yang baik bagi organ pencernaan kita. Makanan yang sehat, bersih, dan bergizi adalah parameter yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Tags :
Bagaimana proses pencernaan makanan pada manusia
Bagaimana proses pencernaan makanan pada tubuh
Jelaskan proses pencernaan makanan pada manusia
Jelaskan proses pencernaan makanan pada tubuh
Alur pencernaan makanan dalam sistem pencernaan pada manusia
Alur pencernaan makanan dalam sistem pencernaan pada tubuh

About Author

Related Post

Comedy Movies